Jumat, 18 November 2011

PERBEDAAN ANTARA CINTA DENGAN KASIH SAYANG


Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.



Kasih sayang adalah sesuatu yang tulus, mereka yang menyayangi seseorang akan menjaga seseorang tetap nyaman disampingnya, ibarat tangan menggengam pasir, tangan itu tidak menggengam erat-erat. Kasih sayang lebih memakai hati daripada nafsu, dia lebih bisa menerima sesuatu, dia lebih bisa legawa, sayang setingkat lebih tinggi daripada cinta, orang yang sudah mencapai level sayang, sudah bisa mengalahkan egonya dan berpikir dengan hatinya. Biasanya sangat sulit luntur dan bersifat everlasting.Sangat mudah berkata sayang, tapi untuk benar-benar melaksanakannya, sangatlah sulit.


Cinta :
1. Cinta akan berusaha memiliki.
2. Cinta mengharapkan balasan.
3. Cinta mampu membutakan.
4. Cinta perasaan suka, ingin memiliki, tidak abadi, bisa berhasil dari 2 pihak.

Kasih Sayang :
1. Sayang akan berusaha untuk dimiliki.
2. Sayang rela berkorban.
3. Sayang ingin orang senang bagaimanapun caranya meski tidak bisa bersama.


1 komentar:

  1. Cinta: menuntut balasan/pamrih, etong etongan bila prlu dgn prjanjian tertulis/akte. Jika syarat ini tdk terpenuhi, cinta akan luntur, erosi lalu hilang.
    Kasih sayang: tanpa pamrih, seumur hidup. Ambil contoh yg mudah dirasakan sendiri, dilihat orang: Cinta seseorang kpd pasangan hidùp melorot sampai ke level terendah sejalan dgn brtambahnya umur ttapi Kasih sayangnya yg tak trtulis tak terucapkan mengikat merèka sepanjang hidup. Atau: seseorang menciñtai kalung cantik yg memberinya prestis ato 1 klas sosial karena sesuatu hal/ etong etongan, kalung tsb dilepas/dijual. Inilah 2 misteri brbeda substansial, sepertì bumi dan lanit yg disederhanakan menjadi "Cinta".

    BalasHapus