Kamis, 29 Maret 2012

TUGAS PENGANTAR MANAGEMENT




ANALISIS USAHA “TOKO SEPATU BERKAH”



ANALISIS KEKUATAN



 
Kekuatan yang di miliki pada toko sepatu tersebut yaitu dari lokasi , lokasi yang di milikinya sangat strategis untuk di jadikan tempat usaha , mengapa? Karena di sana adalah area perumahan yang sangat padat , di tambah lagi lokasi dari toko tersebut ada di dalam perumahan yang setiap harinya ramai di kunjungi oleh masyarakat di wilayah itu. Karena perumahan tersebut memiliki taman – taman yang di jadikan alasan untuk orang pergi jalan-jalan ke lokasi tersebut . kelebihan yang lain dari segi bangunan toko tersebut , bangunan tersebut memiliki luas yang cukup besar dan panjang , dan kelebihan selanjutnya dari penataan barang dagangan yang menarik dan strategi yang di berikan dari pemilik toko ke pelayan , yaitu harus melayani pembeli dengan sebaik , dan seramah mungkin sehingga menarik minat pembeli .


ANALISIS KELEMAHAN

Jika ada kekuatan pasti ada kelemahan , begitu juga toko tersebut . di lihat kelemahan yang di punya hanya ada 1 faktor . yaitu dari tenaga pelayan. Karena toko tersebut besar dan memiliki cabang , jadi tenaga pelayan terbagi – bagi untuk melayani dan menata toko.

VISI DAN MISI

pemilik toko tersebut (Bpk.nazwar) memiliki visi dan misi , mengatakan bahwa ingin memiliki cabang dari tokonya tersebut , walau sudah memiliki 1 cabang , beliau ingin memperbanyak dan memperbesar daerah pemasarannya.

PERSAINGAN DAN LANGKAH MENGATASINYA

Karena toko tersebut berdiri di lokasi yang sangat strategis , tentunya bukan hanya bpk. Nazwar saja yg berminat untuk mendirkian usaha di lokasi itu . sekitar ada 10 toko sepatu di sana , dan 10 toko itu pastinya menjadi ancaman bagi bpk.nazwar karena memiliki 10 pesaing.  Pemilik toko mengatakan bahwa ia siap untuk bersaing , dan sudah memiliki strategi – strategi untuk mengatasinya. Cara penataan barang dagangan adalah kunci yang pertama untuk mengatasinya , karena dengan penataan yang baik dapat menarik minta pembeli , lalu yang ke dua selalu melakukan inovasi-inovasi , contohnya saja dengan mengadakan diskon untuk setiap harga bandrol sepatu . jika di pesaing menjual salah satu model sepatu dengan harga Rp. 75.000 maka di tokonya hanya menjual dengan harga Rp.65.000 . perbandingan yang cukup menarik minta pembeli. Pemilik toko mempunyai prinsip yang selalu di jadikan pedoman untuk usahanya. “ mengambil untung sedikit tetapi memperbanyak minat pelanggan untuk pembeli “ . prinsip itu selalu di pakai sejak berdirinya usaha toko sepatu tersebut , sekitar tahun 2008 .


Kelompok :
- Elizabeth Tia Anggraeni (19211209)
- Khairunnisa (13211961)
- Mamih mayangsari (14211268)

Kelas  :  1EA18







Tidak ada komentar:

Posting Komentar