Jumat, 02 Mei 2014

tugas 4 bahasa indonesia

TEORI TENTANG PROPOSAL (ILMIAH DAN SEMI ILMIAH)

Proposal adalah usulan rencana kerja yang dibuat untuk mendapatkan izin, persetujuan, dana dan lain sebagainya dari pihak lain yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.

Secara umum unsur-unsur proposal sebagai berikut:
a)  nama kegiatan,
b) dasar pemikiran,
c)  tujuan dan manfaat kegiatan,
d) ruang lingkup,
e)  waktu dan tempat kegiatan,
f)  penyelenggara atau panitia,
g)  ganggaran biaya,
h) penutup.

Manfaat Proposal :
·        Menjadi rencana yang mengarahkan panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
·        Menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan
tersebut.
·         Untuk meyakinkan para donatur/ sponsor agar mereka memberikan dukungan material maupun finansial dalam mewujudkan kegiatan yang telah direncanakan.

Ciri-Ciri Proposal :
·        Proposal dibuat untuk meringkas kegiatan yang akan dilakukan.
·         Sebagai pemberitahuan pertama suatu kegiatan.
·         Berisikan tujuan-tujuan, latar belakang acara.
·         Pastinya proposal itu berupa lembaran-lembaran pemberitahuan yang telah di jilid yang nantinya diserahkan kepada si empunya acara.
·         dan lain-lain yang sulit untuk dijelaskan (dicari).

Jenis-jenis proposal :
1.   Proposal berbentuk formal, terdiri dari : bagian pendahuluan, isi, penutup .
2. Semiformal
3. Nonformal

Bentuk –bentuk proposal :
·        Usaha (Bisnis)
·        Organisasi ,misalnya: Kepanitiaan
·        Proposal Penelitian misalnya: Skripsi, Tesis
·        Proposal Bantuan Dana (Sponsorship)

Proposal Ilmiah
Proposal ilmiah sering juga disebut proposal penelitian. Proposal ilmiah adalah suatu usulan rancangan penelitian yang akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap objek atau bahan penelitiannya.
Proposal penelitian sangat akrab di dalam dunia pendidikan. Proposal penelitian biasanya memiliki bentuk yang berbeda karena proposal ini mengacu pada standard-standar tertentu , misalnya menggunakan kutipan yang disesuaikn dengan EYD, tanda baca, bahasa formal dan lain-lain.

Proposal semi ilmiah
Proposal semi ilmiah lebih sering kita sebut dengan proposal umum . Proposal semi ilmiah adalah suatu usulan rencana kegiatan yang dibuat untuk permohonan izin,persetujuan dan dana dari pihak lain.
Proposal semi ilmiah memiliki banyak kemiripan dengan proposal ilmiah, tetapi proposal semi ilmiah bersifat lebih umum dan lebih lentur dalam penggunaan bahasa dan tidak kaku aturan penulisannya. Walaupun proposal semi ilmiah tidak kaku atau bebas dalam aturan penulisan tetapi tetap harus memperhatikan kaidah-kaidah tertentu  dan sistematikanya, agar pembaca lebih mudah untuk mengerti.

Sumber :
Purbaya,Fredy. 2012. “Proposal dan Laporan”. Dalam http://fredypurbayadhyfha.wordpress.com/2012/05/04/proposal-dan-laporan/
Silvent, Rascal. 2013. “Pengertian Proposal Ilmiah”. Dalam http://rascalsilvent.blogspot.com/2013/04/pengertian-proposal-ilimiah.html
Sugik. 2011. “Menulis Proposal Kegiatan”. Dalam http://bahasaindosugik.blogspot.com/2011/12/menulis-proposal-kegiatan.html

Puspitasari, Nindiyah. 2011. “Pengertian Proposal”. Dalam http://nindiyahpuspitasari.blogspot.com/2011/04/pengertian-proposal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar