Kamis, 01 Januari 2015

TULISAN 6 ETIKA BISNIS

MAKANAN YANG DAPAT MEMBANTU MENURUNKAN TEKANAN DARAH


Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah masalah kesehatan yang dapat  menyebabkan komplikasi serius terutama penyakit jantung dan stroke. Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sangat perlu diperhatikan bahkan karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Orang-orang yang terkena penyakit ini bahkan dokter pun menyarankan minum obat yang rutin demi menjaga tekanan darah normal. Tetapi obat-obatan juga mempunyai dampak kepada organ tubuh yang lain, sehingga sekarang orang yang hipertensi mencari cara untuk menurunkan darah dengan cara yang alami salah satunya dengan mengatur pola makan dan tidak memakan makanan yang dapat memicu hipertensi. Beberapa jenis buah-buahan dan makanan diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah. Berikut beberapa jenis buah yang dapat menurunkan tekanan darah.
1. Pisang
Pisang yang biasa kita makan sebagai pencuci mulut setelah makan merupakan buah yang dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung potassium yang merupakan nutrien penting pengatur tekanan darah.
2. Strawberry
Strawberry mengandung senyawa alami yang disebut anthocyanin yang membantu mencegah tekanan darah tinggi.
3. Kiwi
Buah kiwi yang bentuk luarnya mirip buah sawo ini juga salah satu buah yang direkomendasikan untuk mnurunkan tekanan darah. Selain kaya potassium, kiwi juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang disebut lutein yang juga berperan mengendalikan tekanan darah.
4. Jeruk
Jeruk terkenal sebagai penyedia vitamin C. Jeruk juga kaya akan potassium dan pectin buah yang mengatur tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.
5.Anggur
Anggur menyediakan vitamin C, pectin, asam folat, dan lycopene, yang semuanya menyehatkan pembuluh darah dan membantu membuang kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari pembuluh arteri.
6. Alpukat
Alpukat mengandung potassium yang membantu mengendalikan tekanan darah. Alpukat juga  mengandung asam oleat dan beta-sitosterol yang dikenal berperan menurunkan kadar kolesterol darah.
7. Apel
Selain mengandung potassium yang membantu mengontrol tekanan darah, apel juga mengandung pectin, suatu serat alami yang membantu mengikat kolesterol dan toksin dalam darah.

Makanan Penurun Darah Tinggi
1. Sayuran hijau
Sayuran hijau merupakan aset untuk untuk kesehatan. Bayam dan ketumbar sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Bayan dan daun ketumbar merupakan sumber kalium, sehingga kehadirannya merupakan penurun tekanan darah tinggi. Daun seledri juga diyakini mampu menurunkan darah tinggi dengan cepat.
2. Susu skim
Susu skim adalah susu bebas lemak yang merupakan sumber dari kalsium dan vitamin D. Kehadiran kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan dalam menurunkan tekanan darah. Sebaliknya jika kekurangan akan berdampak pada hipertensi.
3. Bawang merah dan bawang putih
Satu siung bawan putih mentah dapat memberikan keajaiban. Bawang membantu dalam mencegah pembekuan darah dan penebalan darah merah. Bawang juga merupakan obat alami dalam menahan efek buruk yang disebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga membantu dalam menghilangkan sumbatan di jantung.
4. Gandum
Gantilah sarapan kamu dengan roti yang terbuat dari gandum murni. Gandum merupakan sahabat untuk penderita hipertensi. Konsumsi gandum secara teratur, efektif dalam menurunkan darah tinggi.
5. Makanan yang kurang asin dan kurang pedas
Makanan yang asin-asin harus dihindari ketika kamu sedang mengalami darah tinggi. Yodium merupakan elemen yang menyebakan peningkatan tekanan darah di arteri. Natrium adalah bahan utama dari garam dan sangat disaran mengkonsumsi makan yang kurang asin untuk menurunkan tekanan darah. Makanan pedas juga dapat menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar